Tips Jitu Mencegah Penyakit Hepatitis Bagi Anak Kost

Musim hujan sudah tiba di penghujung bulan Desember, datangnya tahun baru 2020 sudah tingga menghitung jam lagi. tapi, penyakit Hepatitis sedang mengancam kesehatan kita. tentu, melewati malam pergantian tahun di Rumah Sakit bukanlah momen yang didambakan anak kost. jangan sampai terjadi, waspadalah. 

Meskipun saat ini mayoritas kampus sudah memasuki masa libur usai ujian akhir semester, sebagian besar anak kost tentu sudah pulang ke rumahnya masing-masing, tentu mereka aman. nah, bagi yang masih stay di Kost, tentu, mereka perlu mawas diri terhadap kemungkinan terjangkit wabah hepatitis. 

Berikut ini adalah tips jitu yang bisa dilakukan untuk mengcegah resiko terkena wabah penyakit Hepatitis yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Cuci Tangan 

biasakan untuk selalu mencuci tangan saat sebelum dan sesudah makan. selain itu, kebiasaan mencuci tangan perlu dilakukan saat baru saja keluar dari kamar mandi. serta, yang tak kalah pentingnya, biasakan mencuci tangan saat sebelum mengolah bahan-bahan yang hendak dimasak. 

kebiasaan mencuci tangan dapat mencegah penularan wabah Hepatitis E yang sering menular dari kotoran serta makanan dan minuman yang dikonsumsi. maka, menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan. 

2. Rajin Mandi dan Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri bisa dilakukan dengan cara rajin mandi, membersihkan kamar serta beragam piranti barang yang sering kita gunakan sehari-hari. cara itu bisa meminimalkan resiko kita terkena wabah penyakit Hepatitis E yang rentan pada lingkungan dan kebersihan diri yang kurang. 

3. Mengaja Asupan Pola Makan dan Minum Secara Higienis

Menjaga pola makan yang baik perlu sebisa mungkin dijaga saat wabah Hepatitis tengah melanda lingkungan sekitar kita. mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat adalah hal yang perlu dilakukan, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah memastikan kebersihan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi. 

Jika kita makan dan minum di Warteg, kita perlu memastikan tingkat kebersihan di tempat warteg tersebut, serta wadah dan gelas yang akan kita gunakan. jika kita memasak sendiri, maka pastikanlah kebersihan bahan yang akan dimasak, serta pastikan bahan masakannya dimasak dengan matang. 

Baca juga : 7 cara menghindari bau mulut

 

4, Minum Air Putih yang Cukup 

Minum air putih secara rutin setiap hari adalah hal yang cukup dianjurkan untuk meminimalir resiko terkena wabah penyakit Hepatitis. mengkonsumsi air putih secara rutin bisa menetralisir racun-racun yang masuk kedalam tubuh, serta, membantu proses pencernaan makanan. 

Baca juga : Tips penanganan cedera pada pergelangan kaki yang terkilir

 

5. Jam Istirahat yang Teratur

Menjaga jam istirahat secara teratur dan rutin perlu dilakukan agar terhindar dari resiko penyakit Hepatitis. tidur selama 8 Jam sehari sangatlah baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta yang tak kalah pentingnya adalah mengkonsumsi vitamin. 

Jadi, pada dasarnya Hepatitis adalah penyakit hati yang berupa virus, serta bisa ditularkan melalui makanan, minuman serta kontak secara langsung dengan penderita Hepatitis. maka, menjaga kebersihan diri dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari wabah Hepatitis. 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Seorang buruh tulis yang tak pernah takut menempuh jalan sunyi di jalur perjuangan. Mahasiswa semester lanjut yang sedang menuntaskan tanggung jawab kemandirian dan membawa kebermanfaatan.

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah