Tips Memilih RAM untuk PC dan Laptop yang Mudah

Tulisanku - Harus Anda tahu bahwa tak hanya prosesor dan kecepatan storage, hal lain yang ternyata akan tentukan kecepatan PC atau laptop Anda adalah RAM. Ya, kapasitas RAM memang memiliki fungsi paling penting sekali untuk bantu prosesor dalam melakukan proses komputansi, oleh sebab itulah menggunakan RAM yang tepat pasti harus Anda lakukan. 

Saat ini sudah ada banyak sekali varian RAM yang bisa ditemukan di pasaran yang begitu beragam. Alasannya adalah karena tiap sistem PC atau laptop menggunakan jenis RAM yang sama. Masih bingung cara memilih RAM yang tepat? Pada dasarnya  cara memilih RAM untuk PC atau laptop sangat mudah sekali, yakni dengan mengenali sistem PC atau laptop Anda terlebih dulu yang ada kaitannya dengan RAM. Namun untuk lebih memudahkan Anda, silakan simak beberapa tips memilih RAM untuk PC dan laptop yang mudah di bawah ini.

Tips Memilih RAM untuk PC dan Laptop yang Mudah

 

RAM untuk PC atau laptop

Jika Anda mencari RAM untuk PC, maka ada baiknya cari DIMM, LODIMM, atau LO-DIMM. Sementara itu untuk laptop sendiri silakan cari SODIMM atau SO-DIMM.

DDR3 atau DDR3L maupun DDR4

Untuk memastikan ketiganya, maka Anda harus cek lewat socket yang ada di motherboard. Sebab antara socket DDR3, dengan DDR3L dan DDR4 masing – masing berbeda. Khususnya untuk DDR3 dan DDR3L, keduanya menggunakan socket yang sama. DDR3L sendiri adalah pembaharuan dari DDR3 yang menggunakan voltase cukup rendah, yakni 1.35V. Walaupun demikian, DDR3L mempunyai kemampuan backward compability, ini artinya dapat dipasangkan ke DDR3. 

Perhatikan kapasitas RAM

Untuk dapat menentukan kapasitas RAMnya, semakin besar pasti semakin baik pula. Akan tetapi demikian, untuk jalankan berbagai software saat ini, lebih baik pilih RAM dengan kapasitas minimal 8GB. Lalu, RAM yang paling besar berapa? Ini pasti tergantung dari memory controller yang ada pada prosesor PC atau laptop Anda. Sebab, beberapa prosesor mempunyai nilai kapasitas maksimal RAM yang pastinya berbeda – beda. Misalnya saja, Intel Atom N570, yang maksimal RAMnya hanya sebesar 2GB. Jika dipasangkan RAM 4GB, maka tak akan masuk post.

Perhatikan kecepatan RAM

Kemudian untuk kecepatan RAMnya sendiri, lagi – lagi Anda harus cek motherboard. Hanya saja, kali ini yang perlu Anda cek adalah kemampuan memory controllernya. Untuk dapat memastikannya juga sama, Anda bisa search Google. 

Timing RAM

Berlanjut lagi mengenai Timing RAM, sebetulnya tak ada yang perlu Anda perhatikan di sini. Silakan Anda utamakan saja kecepatan RAM tinggi, kemudian pilih Timing RAM yang paling kecil.

Perhatikan merek RAM

Untuk urusan mereknya bisa bebas, Anda sesuaikan saja dengan budget yang Anda miliki. Jika Anda memang memilih merek yang mahal, biasanya ia menggunakan chip yang lebih bagus, dan dengan potensi overclock dan durability yang sangat baik.

Apa Anda butuh RAM spesial?

Sejak dulu tahun 2015 silam, memang ada beberapa RAM yang di desain khusus secara spesial? Misalnya saja G Skill Trident X yang sudah dioptimasi khusus untuk platform Intel X99. Kemudian sekarang ini sudah ada G Skill Flare X yang dioptimasi khusus untuk platform Ryzen. Salah satu hal yang membedakan RAM spesial ini adalah dibuat dengan menggunakan chip berdasar hasil uji kompabilitas oleh para Overclocker pada platform tertentu.

Baca Juga : 7 Pilihan Laptop Terbaik RAM 8GB Harga Mulai 4 Juta

Demikianlah beberapa tips memilih RAM untuk PC dan laptop yang mudah bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Awali karirmu dengan menulis

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah