Tips Menenangkan Hati Menurut Islam

            Setiap individu pasti pernah mengalami yang namanya masalah, sehingga dengan adanya maslah menyebabkan hati merasa tidak tenang, kacau, gelisah, galau. Jikalau suasana hati jelek maka mood pun juga jelek sehingga  Anda jadi malas untuk melakukan berbagai aktivitas, hal ini yang akan membuat masalah menjadi semakin menumpuk bukan malah selesai.

 

Menurut islam dengan adanya masalah, Allah ingin kita lebih dekat dengan-Nya sehingga dengan adanya masalah tersebut kita akan semakin dekat dan bertaqwa kepada-Nya. Lalu bagaimana tips agar hati kita tenang saat maslah melanda?

menenangkan hati Menurut syari'at islam(fimela.com)

Berikut ini beberpa tips untuk menenangkan hati Menurut syari'at islam:

1.Mendekatkan diri kepada Allah

Sebagai umat islam, jika kita sedang dilanda masalah berarti Allah rindu akan kedekatan kita pada Nya. Dekatkan diri Anda kepada Allah SWT, karena Allah memiliki jalan keluar dari setiap masalah Anda. Dengan begitu Anda dapat menyelesaikan masalah dan tentunya Anda lebih bertaqwa kepada Allah SWT.

2. Sholat

Salah satu cara menenagkan hati menurut islam adalaahSholat. Sholat merupakan ibadah yang paling utama dan didalamnya tekandung bacaan sholat yang akan membuat Anda lebih mendekatkan diri kepada Allah dan tentunya membuat hati serta pikiran Anda lebih tenang.

3. Membaca surat Yasin

Al-Qur'an diturunkan sebagai pedoman hidup bagi tiap umatnya, jika kamu ingin hatimu tenang, maka bacalah surat yasin setiap kali Anda selesai sholat. Dengan begitu Anda dapat merasakan ketenangan hati yang luar biasa.

4. Biasakan diri

Biasakan diri dalam keadaan suci (berwudhu), karena dengan berwudhu Anda dapat memenangkan hati dan tentunya Anda akan bisa terlindungi dari hal hal yang buruk.

5. Perbanyak sholat sunnah

Salah satu cara menenangkan hati adalah sholat sunnah, dengan melakukan sholat sunnah Anda akan mendapat pahala dan juga tentunya membuat pikiran dan hatiAnda tenang. Sholat sunnah yang dapat dilakukan diantaranya sholat tahajud, sholat dhuha, sholat taubat, sholat hajat, dan sebagainya.

6. Perbayak istighfar dan berdzikir

Ada 2 kalimat mustajabab yang bisa membuat hati Anda tenang, yakni:

a. Hasbunallah Wa Ni'mal Wakil

b. La Haula Wala Quwwata Illa Billah

Ucapkanlah kedua kalimat tersebut setiap waktu sehingga hati dan pikiran Anda akan terjaga dengan baik.

7. Perbanyak bersyukur

Rasa syukur itu sangat diperlukan dalam diri Anda, karena dengan bersyukur Anda dapat merasakan ketenagan hati dan tentunya akan berdampak pada kebahagian Anda . Cobalah untuk mensyukuri hal disekitar Anda, apapun itu dan jangan pernah mengeluh. Dengan bersyukur Allah akan menambah nikmat dalam hidup Anda.

8. Keluarkan isi hati dengan curhat

Dengan curhat Anda dapat mengeluarkan keluh kesah yang ada dalam diri Anda. Dengan begitu Anda akan merasa lebih lega. Anda dapat curhat dengan orang tua, saudara, pasangan, sahabat, atau orang yang Anda percayai. Keluarkan beban yang ada pada diri Anda jangan dipendam sendiri, karena jika Anda curhat Anda juga dapat mendapat solusi atas permasalahan Anda.

9. Tetap berpikir positif

Meskipun masalah melanda tetaplah untuk berpikir positif, dengan Anda berpikir postitif Anda dapat merasa sedikit tenang. Jangan biarkan masalah membuat Anda semakin stress. Dengan Anda berpikir positif maka solusi itu akan datang dengan sendirinya sehingga masalah akan cepat terselesaikan.

10. Jangan menyalahkan diri sendiri

Jangan pernah untuk menyalahkan diri sendiri, jika Anda memang membuat sebuah kesalahan cobalah untuk memaafkan diri Anda dan jangan terus menyiksa hati dan batin Anda. Dengan kesalahan itu berjanjilah untuk mmeperbaiki diri agar lebih baik dari sebelumnya.

Itulah beberapa cara untuk menenangkan hati serta pikiran Anda yang sedang dilanda masalah, semoga dengan tips tersebut masalah Anda dapat segera terselesaikan.

 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah