Tips mengatasi kehabisan ide bagi penulis pemula

Istilah ini tentunya sudah tak asing lagi bagi penulis. Writer's block adalah kondisi di mana seorang penulis mengalami ide buntung atau kehabisan ide ketika mengerjakan tulisannya. Hal ini sudah pasti membuat kepala penulis menjadi panas, bukan? 

Nah, di bawah ini beberapa tips untuk kamu yang sering mengalami writer's block, terutama bagi penulis yang masih pemula ;)

 

1. Refreshing/Liburan

Guys, ide-ide kreatif terkadang muncul ketika kita sedang liburan. Maka dari itu, selain menyegarkan otak, liburan juga tidak jarang selalu memunculkan ide yang sangat bagus.  Contoh, sebuah perjalanan liburanmu bisa kamu jadikan sebagai bahan dalam melengkapi karyamu. Dan masih banyak lagi. 

 

2. Olahraga

Jangan lupakan satu hal ini, kesehatan adalah yang paling diutamakan dalam meraih kesuksesan. Begitu juga dengan penulis, yang mana kegiatannya selalu dilakukan dengan duduk berjam-jam di depan komputer. Olahraga ringan bisa kamu lakukan di rumah dan di tempatmu menulis. Olahraga lantai misalnya. 

 

3. Mencari tempat yang tenang untuk menulis

Suasana yang berisik memang menyulitkan dalam merangkai kata-kata ketika menulis. Untuk itu, carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk menyelesaikan tulisanmu. 

 

4. Membaca buku 

Menjadi seorang penulis sudah ditakdirkan untuk tidak berjauhan dengan yang namanya buku. Bukan hanya liburan, membaca buku juga membuatmu mendapatkan referensi dan ide yang bagus. 

 

5. Menulis dengan hati 

Haha, tentunya bukan berarti menulis dengan menggunakan hati ya, Guys:v 

 

Menulislah dengan suasana hatimu saat itu, dan gambarkan apa yang kamu rasakan. Dengan begitu, tulisanmu akan mudah dipahami oleh pembaca, bahkan mungkin pembaca akan terbawa suasana dengan cerita yang kamu sajikan. 

 

6. Menonton video 

Sebuah inspirasi bisa muncul kapan pun dan di mana pun. Berbagai ide bisa kamu dapatkan di sana, tetapi tetap tidak untuk plagiat, ya:v 

Baca juga : 5 Tips konsisten dalam menulis novel

 

Itu beberapa tips dariku untuk kamu yang sedang mengalami Writer's block. Semoga bermanfaat:)

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar
Nurul Khomsin Amaliyyah - Jan 6, 2020, 11:08 AM - Tambahkan Balasan

Keren kak ❤️

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.
Syifa Fatimah Ilyas - Jan 29, 2020, 1:52 AM - Tambahkan Balasan

Semoga bermanfaat 😊 dan jangan lupa buat dipraktekkan 😉

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah