Tips menjaga tubuh agar tetap bugar

Tulisanku - Seperti yang kita ketahui sekarang Indonesia kini tengah mengalami musim pancaroba dengan cuaca yang begitu ekstrim dimana sekarang musim tidak menentu kadang curah hujan yang begitu tinggi  kadang juga hujan yang terus menerus. Kondisi cuaca yang seperti ini membuat tubuh harus ekstra adaptasi dengan perubahan cuaca yang begitu signifikan.

Bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat bisa saja bertahan dengan tubuh yang fit namun bagi mereka yang daya tahan tubuhnya rendah atau lemah maka harus ekstra hati-hati ancaman penyakitpun siap mengancam kesehatan. ancaman ini tidak melihat objek siapapun bisa terancam mulai dari usia anak, lansia hingga orang dewasa pada umumnya.

Pada saat perubahan cuaca yang begitu ekstrim seperti sekarang ini tentunya memicu datangnya penyakit seperti: demam, influenza, diare, sakit kepala, infeksi tenggorokan dan masih banyak lagi . Penyakit ini begitu cepat menular terlebih yang ditimbulkan oleh virus yang bisa dihasilkan oleh percikan ketika batuk, bersin dll. Namun jika penyakit tersebut timbul oleh bakteri, penyebarannya bisa melalui kontak langsung atau lewat makanan.untuk itu kita harus ekstra hati-hati menghadapi cuaca ekstrim ini ,kita harus waspada dengan kondisi yang cuaca yang sekarang sedang terjadi dengan beberapa cara yang mudah dilakukan oleh setiap orang seperti : istirahat yang cukup,menjaga kebersihan diri sendiri serta lingkungan,menjaga pola makan yang sehat,olahraga yang teratur.   

Tips menjaga tubuh agar tetap bugar :

1.Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangatlah penting bagi tubuh kita karena kurang istirahat atau terlalu banyak istirahat bisa memicu daya tahan tubuh menjadi menurun, karena tubuh yang telah lelah beraktivitas dipaksa melaksanakan tugasnya dan juga tubuh yang terlalu banyak istirahat dapat memicu daya tahan tubuh kita. Tubuh yang lelah layaknya smartphone yang sedang lowbath dan harus dicharger untuk bisa digunakan kembali, begitu juga tubuh saat lelah dia membutuhkan istirahat untuk membuatnya kembali fit untuk beraktivitas.

kita harus bisa mengatur waktu istirahat jangan terlalu sibuk dengan pekerjaannya sehingga tubuh kita kurang istirahat jangan pula kita terlalu banyak istirahat . terlalu banyak istirahat juga tidak baik buat tubuh kita ,tubuh kita harus banyak bergerak agar peredaran di tubuh menjadi lancar.untuk menjaga kesehatan saat cuaca ekstrim sebaiknya kita senantiasa menjaga pola istirahat, pola makan dan pola aktivitas dengan seimbang. Karena jika salah satu unsur tersebut tidak terpenuhi maka kesehatan menjadi taruhannya.

2.Pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat

Menjaga pola makan juga sangat penting bagi tubuh apalagi di musim yang ekstrim ini kita harus benar-benar menjaga pola makan dengan benar.makanan yang sehat bukan berarti makanan-makanan yang lezat ataupun mahal akan tetapi makanan yang cukup akan 4 sehat 5 sempurna,memang banyak makanan yang nikmat disantap untuk mengusir rasa lapar yang mendera, akan tetapi sebagai konsumen yang bijak sebaiknya anda harus selektif dalam memilih kuliner yang lezat, sehat, dan disajikan dengan tetap menjaga kehigienisan makanan. Selain itu anda harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, dalam porsi yang cukup dan teratur.

3.Menjaga kebersihan diri serta lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Di musim penghujan kebersihan juga suatu hal yang wajib kita jaga karena raga ataupun lingkunagn yang kotor adalah sebuah sarang kuman dan bakteri. Kita wajib menjaga diri kita dan lingkungan sekitar untuk meminimalkan kuman jahat yang bersarang pada kulit dan tangan kita. Selain itu menjaga kondisi rumah tetap bersih, alat makan,alat mandi dan alat-alat lainnya yang kita pakai untuk mencukupi asupan nutrisi juga harus kita perhatikan kebersihannya.sejumlah penelitian membuktikan bahwa alat alat yang kita gunakan serap hariadalah sarang dari bakteri seperti halnya handuk yang kita gunakan setiap hari.handuk dendaknya setelah pemakaian langsung di jemur di terik matahari untuk meminimalisir kuman yang menempel pada handuk.selian i jemur handuk juga harus rutin di cuci minimal satu mingu sekali.

4.Olahraga yang teratur

Olahraga jogging

Olahraga memegang menjai salah satu peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh karena mampu membuat daya tahan tubuh meningkat, membantu kelancaran metabolisme, menjaga kesehatan anggota gerak dll, sehingga dengan kondisi daya tahan tubuh yang bagus maka penyakit tidak akan mudah menjangkit.olahraga nggak harus yang berat berat cara yang paling mudah adalah dengan cara jalan kaki selama 5 menit setiap pagi juga sudah cukup.

5.Minum air putih

Minum air

Air putih sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita,beragam manfaatdari air putih tidah hanya menjaga keseimbangan cairan tubuh akan tetapi masih banyak manfaat dari minumair putih seperti menyehatkan kulit,ginjal dan lain-lain.dokter sering menganjurkan orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun untuk meminum air putih yang rutin mulai dari bangun tidur hinga mau tidur.apalagi yang aktifitas kesehariannya menguras tenaga sangat dianjurkan banyak meminum air putih,karena air putih kaya akan manfaat bagi tubuh kita.

Baca Juga : Jangan hanya diwarnai, bibir juga perlu dirawat

Untuk menghadapi cuaca ekstrim ini kita harus bisa menjaga diri kita agar tetap bugar sebab dimusim penghujan ini tempatnya virus dan bakteri berkembang. penyakit datangnya darimana saja tidak pandang bulu baik yang anak-anak,remaja,tua,kurus,gemuk semua bisa saja terkena penyakit ,untuk itu tubuh dan lingkungan kita harus benar-benar steril akan kuman yang dapat menyebabkan penyakit.kita bisa mulai dari menjaga pola makan yang sehat,olahraga , istirahat yang cukup dan teratur.dengan menjaga pola hidup kita yang benar maka tubuh kita akan tetap bugar dan terhinar dari penyakit

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah