Tips Merawat Mesin Mobilio Agar Tahan Lama

Honda Mobilio RS merupakan model varian dari Honda yang cukup laris di pasaran, mobil ini sangat banyak diminati oleh masyarakat dan termasuk mobil yang banyak digunakan oleh konsumen, selain punya body yang sangat indah dipandang. Mobilio ini merupakan produk honda yang dikenal dengan teknologinya yang mampu menghemat bahan bakar, mobilio memang berhasil memancing minat konsumen.

Bagi anda yang merupakan pengguna mobil Honda Mobilio, pastinya anda tidak mau mobil anda mempunyai masalah saat anda menggunakannya terutama masalah besar yang membuat permasalahan mesin mobil anda. Ada beberapa tips mengenai cara merawat mesin Mobilio agar tahan lama, berikut beberapa cara merawat mesin mobilio.

1. Mengganti Oli Secara Teratur.

Hal yang harus anda perhatikan dalam menjaga mesin mobilio kesayangan anda salah satunya adalah mengganti oli secara teratur, karena sebenarnya fungsi oli mesin sangat berperan besar dalam mencegah gesekan yang ada di dalam mesin. Terkait performa mesin pada mobil juga sangat tergantung oleh penggunaan oli mesin.

Biasanya penggantian oli mesin harus dilakukan terus secara berkala, dan penggantian setelah mobilio anda menyentuh angka 3000km hingga mencapai 5000km. Paling tidak, anda mengetahui jadwal rutin untuk mengganti oli, bila anda bisa menjaga hal tersebut maka kondisi mesin mobilio anda akan baik-baik saja.

2. Mengecek Cairan Radiator.

Cairan radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu mesin, dan juga mampu menetralisir suhu panas pada mesin mobilio anda, akan terjadi masalah bila anda tidak memperhatikan air radiator pada mobil anda, apabila air radiator sampai habis total dan anda belum mengisi yang baru, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobilio anda dan tentunya hal ini akan membahayakan orang yang mengendarai mobil tersebut. Pastikan agar anda selalu memeriksa cairan radiator demi keselamatan mesin mobilio anda.

3. Membersihkan filter karburasi.

Bagian ini tidak kalah pentingnya yang harus anda perhatikan dalam upaya menjaga kesehatan mesin mobilio anda, bila telat saja anda mengabaikannya maka yang terjadi adalah mesin mobil anda akan sulit untuk dihidupkan, dan ini akan jadi masalah akibat kelalaian anda.

Bila anda ingin membersihkan kotoran dan kerak yang melekat di saringannya, anda bisa menggunakan sikat dengan bulu yang tidak terlalu keras. Sebaiknya anda tidak menggunakan compresor atau hairdryer bila anda ingin membersihkan filter karburasi karena akan menyebabkan lapisan dari filter karburas menjadi rusak.

Namun, ada opsi yang lebih bagus lagi. Ada baiknya anda membawa mobilio anda kepada bengkel resmi atau bengkel yang sudah berpengalaman dalam mengatasi kerusakan-kerusakan yang berat sehingga bisa menyelesaikan permasalahan anda. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kesehatan mesin mobilio kesayangan anda.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Jan 19, 2020, 4:07 AM - andreas waluyo