Tips Sukses Menurunkan Berat Badan Ala Arya 109 Kg dalam Tiga Tahun

Berat badan kita sebenarnya sangat ditentukan oleh jumlah dan kualitas makanan yang masuk dengan jumlah energi yang kita keluarkan. Apabila jumlah dan kualitas makanan yang masuk lebih tinggi dari jumlah energi yang dikeluarkan maka hasilnya akan terjadi penumpukan atau deposit kelebihan dalam tubuh yang menyebabkan kegemukan.

Menurunkan Berat Badan Ala Arya 109 Kg(tribunnews.com)

 

Pada kisah Arya, kenaikan berat badannya terjadi karena konsumsi tepung atau karbohidrat seperti nasi, gandum atau terigu atau dalam bentuk jadi seperti roti dan konsumsi minuman yang manis atau mengandung gula yang diminumnya bisa sampai beberapa gelas sehari yang berakibat kenaikan berat badan bisa mencapai sekitar 100 kg hanya dalam waktu setahun. Belajar dari kejadian ini kita bisa pahami bahwa konsumsi karbohidrat atau gula berlebihan menjadi salah satu penyebab terjadinya kegemukan. Jadi Tips yang pertama adalah Kurangi konsumsi gula atau karbohidrat.

Terus makan apa dong? Tentunya kita memerlukan referensi untuk makanan yang mengenyangkan tapi tidak mengandung karbohidrat tinggi. Makanan tersebut sebenarnya banyak di sekitar kita antara lain kentang, jagung, dan pisang. Makanan tersebut hampir setiap saat bisa kita temukan dan tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Kalau anda tidak menyukai makanannya, belajarlah untuk menyukainya. Nanti juga akan mulai bisa menikmatinya. Jadi Tips yang kedua adalah Konsumsi makanan yang lebih sehat pengganti karbohidrat.

Makanan yang mengandung lemak adalah salah satu makanan yang mempercepat peningkatan berat badan. Kemampuan dalam memilih makanan dan penyajian sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kegemukan. Pada kasus Arya dicontohkan perubahan yang dilakukan antara lain bila mengkonsumsi daging ayam, menghindari untuk mengkonsumsi bagian yang mengandung banyak lemak misalnya kulitnya dan memilih bagian dada ayamnya.

Selain itu penyajiannya dirubah dari yang tadinya di goreng ke cara penyajian lain seperti di masak. Jadi Tips yang ketiga adalah Hindari mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak lemak, namun pola konsumsi diarahkan pada Mengkonsumsi Bagian yang banyak mengandung protein yang sekaligus menjadi Tips yang keempat. Dari sini juga terlihat bahwa Tips kelima adalah Beralih dari Makanan yang di goreng ke Makanan yang dimasak. Hal ini menunjukkan bahwa minyak goreng merupakan salah satu pemicu terjadinya obesitas atau kegemukan.

Tips keenam berikutnya adalah Berolah raga secara teratur dan rutin. Olah raga dan aktivitas adalah salah satu cara untuk mengeluarkan energi yang diperoleh dari makanan. Kesalahan yang seringkali dilakukan adalah memaksakan diri untuk berolah raga sampai akhirnya terlalu kelelahan. Pada kasus Arya, olah raga dilakukan dengan rutin dan teratur dan berhenti bila telah merasa lelah. Karena aktivitas yang dipaksakan akan berdampak pada kelelahan jantung yang bisa berakibat fatal dan juga seringkali dapat menimbulkan kondisi frustrasi.

Tips yang ketujuh adalah Melakukannya dengan enjoy dan menikmatinya. Kegiatan untuk menurunkan berat badan sebenarnya hanyalah upaya sederhana dalam merubah perilaku makan dan aktivitas harian. Hal ini seharusnya tidak menjadi beban dalam melakukannya. Melakukannya dengan senang hati dan menikmati setiap aktivitas yang dilakukan merupakan salah satu hal yang penting dalam sukses menurunkan berat badan. Arya melakukan setiap kegiatannya sebagai sebuah permainan sehingga tidak ada beban untuk melakukannya.

Tips yang kedelapan adalah Bersemangat dan tidak kenal menyerah. Aktivitas yang dilakukan dengan semangat serta tidak mengenal kata menyerah adalah salah satu tips yang penting diketahui. Kalau berhenti di tengah jalan menurut Arya, akhirnya upaya menurunkan berat badannya kembali gagal. Kenaikan berat badan Arya yang terjadi dalam 1 tahun, diturunkan dengan bobot kurang lebih sama sekitar 100 kg dalam waktu 3 tahun, hal ini menunjukkan bahwa upaya menurunkan berat badan bukan terjadi secara drastis bila anda ingin penurunan yang terjadi berlangsung dalam kondisi normal dan sehat.

Baca juga : Jangan terkejut! 7 perubahan sikap wanita hamil wajib diketahui calon papa muda

Tips yang kesembilan adalah Keyakinan bahwa beratnya akan turun. Apa yang membuat anda tidak yakin? Lihatlah kasus Arya, turun 109 kg dalam 3 tahun. Mungkin berat anda tidak seberat Arya, target anda dalam menurunkan berat badan tidak sebanyak target Arya, tapi Arya bisa melakukannya, kenapa Anda tidak? Yuk coba Tipsnya. Semoga bermanfaat.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Dosen dalam ilmu Keperawatan dan Mikrobiologi di Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar

Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah