Trik membuat surat lamaran profesional

KUNCI  SUKSES MEMBUAT LAMARAN KERJA PROFESIONAL

 

Masih ingat video viral tentang seorang pelamar yang sudah berkali – kali mengirim berkas lamaran namun tidak juga ada panggilan ? apakah anda juga termasuk yang sering mengirim lamaran dan tidak kunjung mendapat panggilan  ?. berikut ini tips dari seorang rekruitment sebuah perusahaan yang sudah berpengalaman dalam menyeleksi berkas lamaran yang saya rangkum dalam  “ Kunci sukses membuat berkas lamaran kerja profesional “, antara lain :

Berkas lamaran terdiri :

 

a. Pasphoto fullbody 2 lbr. Jika tidak mau merusak foto dengan paperclip atau stapler, maka bungkuslah foto dengan plastik agar foto tidak tertukar dengan foto lain, dan tulislah dibalik foto nama dan alamat.

b. Fotokopi KTP/SIM/PASPOR. Masing-masing cukup 1 lembar saja. Namun kualitas fotokopinya bagus supaya huruf huruf kecil yang tercantum dapat terlihat jelas.ukuran sama dengan ukuran KTP/SIM/PASPOR. 

c. Surat lamaran yang lengkap cukup 1 halamn saja yang ditandatangani

d. Curruculum Vitae/CV lengkap yang ditandatangani cukup 1-2 halaman saja

e. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi masing-masing 1 lembar

f. Fotokopi sertifikat keterampilan pendukung saya tekankan lagi hanya sertifikat yang ada hubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar

g. Seluruh berkas ini disatukan dengan menggunakan paperclip atau stapler di sebelah kiri atas. Jangan menggunakan binder atau dijilid. 

h. Berikan sampul standar yang bersih dan tersegel

i. Seluruh berkas lamaran harus dimasukkan dalam sampul standar yang tersedia di pasaran biasanya berwarna cokelat ukuran folio atau kuarto

j. Jika sampul bertali cukup mengaitkan talinya. Jangan di lem sebab menyulitkan petugas untuk membukanya. Di lem malah menampakkan ketidak profesionalannya.

k. Jika sampulnya tidak bertali silahkan dilem seperlunya , rapi, tidak mengotori kertas atau sampulnya. Gunakan lem kertas saja. Berkas lamaran yang sulit dibuka kebanyak oleh rekruitment malah dibuang. Atau tidak dibuka sama sekali. 

l. Tulis kode lamaran, alamat tujuan dan alamat pengirim di sampul.

m. Jangan melampirkan sertifikat sampah yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan  yang anda tuju. 

 

Demikian trik membuat surat lamaran profesional berdasarkan buku yang ditulis oleh petugas rekruitment sebuah perusahaan yang sudah berpengalaman dalam menyeleksi berkas lamaran. Selamat  mencoba semoga bermanfaat.  

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 19, 2019, 12:20 AM - Nurul Khomsin Amaliyyah