Usaha sampingan Menjanjikan dikalangan mahasiswa

            Sebagai mahasiswa, Anda harus dituntut kreatif guna bisa hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang tua. Para mahasiswa pasti terlintas pikiran" Bagaimana cara berbisnis sambil kuliah. Hal itu mudah saja dilakukan asalkan Anda sebagai mahasiswa harus memiliki keterampilan yang terkait dengan usaha yang akan Anda jalankan. Karena pada masa kuliah ialah masa yang tepat untuk Anda mulai merintis usaha. Karena dengan mereka lulus mereka akan dapat menghadapi masalah dunia kerja dengan cepat, tepat, dan akurat.

            Menjalankan usaha bagi mahasiswa saat mereka kuliah adalah hal yang baik untuk masa depan mereka. Mengapa demikian ? Karena dengan mereka membangun usaha sejak mereka kuliah, usaha yang dibangun bukan hanya untuk menambah uang jajan akan tetapi sebagai modal serta pengalaman yang dapat dijadikan pilihan setelah lulus kuliah. Dengan merintis usaha mahasiswa tidak akan kebingungan mengenai maslah keuangan saat ini dan setelah lulus tidak akan bingung untuk mencari kerja.

Berikut ini beberapa usaha kreatif yang dapat Anda lakukan:

1. Bisnis online shop

Gambar bisnis online shop(maxmanroe.com)

 

        Dengan membuka bisnis online shop, mahasiswa dapat menjual berbagai macam produk, diantaranya: baju, celana, rok, sepatu,tas, pernak-pernik atau lainnya. Saat ini banyak situs jual beli yang dapat dimanfaatkan dengan begitu Anda dapat menjual di seluruh wilayah Indonesia. Jikalau  Anda tidak memiliki barang, Anda dapat menjualkan barang dari reseller dan dropship. Dengan begitu Anda tidak membutuhkan modal yang besar.

2. Bisnis bimbingan belajar

        Bisnis ini dapat Anda lakukan sesuai dengan keterampilan Anda. Anda bisa membuka bimbingan belajar untuk kalangan SD, SMP, SMA, bahkan teman seangkatan Anda. Dengan begitu Anda dapat memperoleh 2 keuntungan yakni menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi.

3. Bisnis jasa pengetikan dan print

        Jika Anda memiliki kemampuan yang mengetik dan mengedit secara cepat dan tepat tidak ada salahnya Anda mebuka jasa pengetikan dan print. Karena saat ini banyak mahasiswa yang mmberikan pekerjaannya kepada jasa pengetikan agar mempersingkat waktu dalam mengerjakan tugasnya. Sehingga Anda dapat mengambil peluang usaha ini apabila Anda memilikki keterampilan mengetik yang baik

4. Bisnis online progammer web dan blogger

        Untuk mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI), Anda dapat mencoba bisnis ini. Karena jasa yang Anda tawarkan berhubungan dengan mata kuliah yang Anda dapat sehingga Anda pasti memiliki keterampilan tersebut. Bisnis ini berupa membuat situs, blog, e-commerce.

5. Bisnis jual beli buku bekas

        Buku merupakan kebutuhan pokok mahasiswa untuk menunjang kegiatan akademik perkulaiahnnya. Dengan Anda menjual buku bekas dengan harga yang lebih murah dari toko membuat banyak mahasiswa yang akan tertarik  untuk membelinya, tapi buku bekas itu harus dengan kualitas yang layak sehingga banyak yang akan mencari produk Anda, ini peluang besar Anda untuk meraup keuntungan dari mereka.

6. Bisnis service laptop

        Bisnis ini cukup potensial dikalangan mahasiswa, karena sebagian besar mahasiswa telah memiliki lpatop dan laptop merupakan kebutuhan pokok dikalangan mahasiswa. Jadi apa salahnya coba membuka service lptop jika Anda adalah orang yang mengerti tentang  laptop/ komputer.

7. Bisnis jasa pengiriman

        Jika Anda memiliki motor dan juga SIM, bisnis jasa pengiriman barang ini bisa Anda coba untuk untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bisnis ini berupa Mengirim barang yang ada disekitar kampus. Bisnis ini tergolong  bisnis yang menguntungkan dengan modal yang kecil.

8. Bisnis jasa desain grafis

        Bagi Anda yang menguasai software desain seperti CorelDraw, Photoshop, adobe illustrator. Anda dapat membuka jasa pembuatan yang berhubungan dengan dunia desain grafis seperti pembuatam brosur, kartu nama, logo branding, poster, dan masih banyak lagi.

9. Bisnis fotografi dan video

        Bisnis ini berhubungan dengan hobi. Banyak orang saat ini suka di foto dan direkam aktivitasnya karena akan dijadikan sebagai memory yang dapat diabadikan. Bisnis ini menuntut Anda untuk memiliki keahlian dalam menyusun gambar atau video.

10. Bisnis Menjadi penulis lepas

        Jika Anda suka menulis dan memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide pemikiran dalam bentuk tulisan, cobalah untuk menjadi penulis lepas. Bisnis ini mudah dikerjakan dan hampir tanpa modal, sebab dalam bisnis ini yang dibutuhkan hanya skill menulis, kreativitas, dan imajinasi. Selain itu, bisnis ini dapat dilakukan kapanpun dan diamanapun. Bentuk tulisan yang ditawarkan bervariasi, misalnya artikel, puisi, cerpren.

Baca juga : Tips meraih kesuksesan diusia muda

Nah itu tadi beberapa bisnis yang dapat dilakukan oleh kalangan mahasiswa. Jadi bagi kalian yang seorang mahasiswa bisa mencoba bisnis tersebut yang pastinya akan memberikan perubahan serta dampak yang positif bagi kehidupan Anda asalkan Anda dapat memanajemen waktu dengan baik.

 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 24, 2019, 1:44 AM - Penyair Muda
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani