Wajah Baru Transportasi

Sesuai tema yang diusung, yakni “Keselamatan, keamanan, dan kenyamanan transportasi saat ini” menarik untuk diulas atau di explore lebih jauh. Transportasi digunakan untuk menunjang segala sektor kebutuhan. Pemerintah telah menyediakan segala sarana dan prasarana transportasi yang diperuntukkan demi menunjang segala aspek. Salah satu poin penting dari aspek yakni “manusia”. Dikatakan demikian, karena manusia lah yang mengoperasikan guna menyukseskan standar operasi prosedur yang telah ditentukan.

 

Lima tahun terakhir, semua elemen yang terlibat telah atau sedang mengupgrade sistem transportasi Indonesia dengan tangan sihir mereka. Mengubah pikiran stigma yang negatif menjadi positif, menanamkan di benak manusia tentang pelayanan keramahan transportasi dan terus berupaya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Disini saya mengajak para pembaca meresapi apa yang telah saya ketik dan benar adanya.

 

Pertama keselamatan transportasi saat ini. Keselamatan adalah kata mutlak untuk manusia dari segala kegiatan yang dilakukan termasuk keselamatan transportasi. Kementerian Perhubungan mempunyai inisiatif untuk menjadikan “Gerakan Keselamatan Transportasi” menjadi budaya masyarakat, karena keselamatan transportasi perlu perhatian serius. Diperlukan sistem kelembagaan yang kuat, koordinasi antar instansi yang baik dan perlu adanya kesadaran naluri pribadi guna memenuhi standar keselamatan. Menhub menjelaskan pendekatan intermoda akan ditekankan pada semua sektor transportasi.

 

Kedua, keamanan transportasi saat ini. Membahas mengenai keamanan transportasi menjadi satu kajian yang menarik. Kementerian Perhubungan meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan pada simpul transportasi. Menginstrusikan semua pemangku kepentingan atau stakeholder penerbangan memperketat pengamanan di semua bandar udara dan fasilitas penerbangan di seluruh Indonesia. Memperketat pengamanan di terminal dan pelabuhan penyebrangan di Indonesia. Dikarenakan, menjadi objek vital negara. Dan juga menginstrusikan melakukan pemantauan, pengawasan secara intensif dan pengendalian keadaan agar keamanan sarana dan prasarana laut tetap terjaga. Sehingga dapat terciptanya konektivitas dengan para pengguna transportasi umum.

 

Pembahasan yang ke tiga yakni, kenyamanan transportasi saat ini. Karena hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan transportasi yang berkeadilan harus terpenuhi. Sarana dan prasarana merupakan salah satu bagian penting untuk mendukung kenyamanan transportasi. Sarana merupakan segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan tertentu, sedangkan prasarana merupakan alat penunjang sarana transportasi. Dari hasil survei disebutkan bahwa konsumen tak hanya mengicar promo tapi juga memilih layanan yang aman dan nyaman. Ketiga tersebut menjadi pelengkap SOP yang telah ditentukan, karena sejatinya transportasi adalah nadi mobilitas masyarakat.

 

Pilar Cakrawala

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis

Not perfect but respect. Hihihi

Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu