Waspada Perusahaan Yang Membuka Lowongan Kerja Setiap Waktu

Seiring berkembangnya teknologi, bukan suatu hal yang sulit bagi perusahaan skala besar atau kecil untuk mecari karyawan. Hanya tinggal posting di grup lowongan kerja di social media, sudah akan ada banyak pencari kerja yang akan melamar pekerjaan sesuai posisi yang disebutkan di postingan tersebut.Namun perlu digaris bawahi kepada para pencari kerja, agar selalu mencari informasi tentang perusahaan yang akan dilamar. Karena tak dapat dipungkiri bahwa sekarang banyak perusahaan yang selalu membuka lowongan kerja dengan posisi bagian yang banyak dan seperti dan henti-hentinya mebutuhkan karyawan baru.

Seperti pengalaman seorang teman yang diundang untuk megikuti tes di Kota Surabaya disebuah perusaahaan yang dia lamar dengan lokasi di sebuah gedung yang cukup besar. Terlihat sangat menyakinkan. Tes berjalan jam 9 pagi hingga jam 2 siang tanpa istirahat. Perusaan ini termasuk legal dan resmi di dalam keterangan websitenya, dalam penerimaan karyawan perusaan ini mematok ukuran pendidikan minimal lulusan SMA/SMK. Yang menjadi aneh adalah, ada salah satu calon karyawan yang mengikuti tes dengan latar pendidikan SMP. Seharusnya jika sekelas perusahaan besar, mereka akan konsisten dengan info lowongan kerja yang mereka berikan tak terkecuali dengan aturan minimal standar pendidikan.

Belum hilang kecurigaan, bahwa setelah tes langsung ada info “Lolos” sekitar jam 4 sore di hari yang sama. Keesokan harinya, kembali lagi ke Surabaya untuk megisi formulir dan hampir lebih dari separuh yang mengikuti tes kemarin telah lolos. Satu lagi kecurigaan, ternyata banyak sekali calon karyawan yang sedang dalam masa training. Training tersebut tanpa di bayar. Jika perusahaan yang benar-benar besar dan terpercaya tanpa ada suatu yang disembunyikan pastinya mereka akan membayar karyawan yang melakukan training dan statusnya sudah bukan lagi calon karyawan.

Ini adalah perusaan trading yang perusahaannya terletak di sebuah gedung tinggi dengan banyak lantai, namun perusahaan ini, terletak di lantai 16 dan berada di pusat kota Surabaya. Bagi pencari kerja, lebih berhati-hati lagi dalam mencari kerja, karna banyak sekali perusahaan yang mebuka lowongan dengan banyak bagian namun akhirnya menjadi sales. Sales bukan pekerjaan yang buruk, namun yang tidak dapat diterima adalah ketika perusahaan membuka lowongan misalnya bagian Administrasi, Supervisor atau apapun posisi yang banyak diminati oleh pencari kerja jaman ini, tapi setelah diterima mereka akan diterjunkan dalam penjualan door to door atau sales lapangan.

Akan lebih baik mereka jujur akan posisi yang dibutuhkan perusahaan, daripada terkesan seperti menipu. Tapi tak dapat dipungkiri bahwa banyak pencari kerja yang menghindari posisi-posisi tertentu hingga sepi peminat. Sekali lagi, kalian harus lebih hati-hati. Terutama para fresh graduate, kebanyakan dari mereka ingin sekali mendapat pekerjaan sesaat setelah meyelesaikan pendidikan, tak jarang menyebar banyak lamaran pekerjaan.

Yang perlu diperhatikan setelah membaca sebuah info lowongan kerja adalah lihat apakah di info tersebut tertera nama perusahaan jelas, alamat sesuai dengan perusahaan itu. Perhatikan juga bagian-bagian yang dibutuhkan, jangan tergiur dengan mess gratis atau jumlah gaji yang akan diterima. Karena baik perusahaan skala besar atau kecil, mereka tidak pernah memaparkan jumlah gaji maupun fasilitas yang akan didapatkan kandidat jika sudah diterima bekerja. Karena hal ini akan dibicarakan secara pribadi oleh pemilik usaha dan calon karyawannya. Selain itu perusahanan seperti ini juga terlihat tak henti-hentinya mencari karyawan baru. Aneh sekali bukan? 

 

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Des 17, 2019, 7:00 PM - Arini Rahmatia
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 24, 2019, 1:44 AM - Penyair Muda
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani