Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Metode Pembayaran COD di Shopee

Shopee memang sudah tak asing lagi bagi penikmat belanja online , terutam bagi kaum wanita. Apalagi hingga saat ini marketplace Shopee masih menawarkan subsidi untuk ongkos kirim. Walaupun dengan minimal pembelian yang ditentukan oleh pihak Shopee, tapi tetap saja marketplace asal Singapura ini masih menjadi primadona dikala belanja online. 

Tak hanya fitur subsidi ongkir, kini shopee mengembangkan fitur pembayaran COD. COD adalah fitur pembayaran untuk memudahkan konsumen yang mager. Mager alias malas gerak ke ATM ataupun ke Indomart/Alfamart untuk menyelesaikan transaksi pembayaran barang yang dipesan. Namun begitu, ada beberapa hal yang harus kalian pahami sebelum memutuskan menggunakan metode pembayaran COD :

Minimal Transaksi

shopee cod

Metode pembayaran COD di Shopee sejauh ini hanya bekerjasama dengan expedisi pengiriman barang J&T. Dalam melakukan transaksi COD, Shopee mensyaratkan untuk minimal pembelian adalah Rp 50.000. Jadi jika barang atau produk yang dibeli dalam satu toko tidak mencapai total pembelian Rp 50.000, Anda tidak bisa menggunakan fitur pembayaran COD.

Service Fee

dokumentasi pribadi

 

Dalam metode pembayaran COD, pihak Shopee menetapkan biaya tambahan berupa service fee. Missal jika produk yang akan kalian beli seharga Rp 50.000 maka service fee akan diambil dari 1,5% daro total transaksi. Jadi kalian harus membayar kira-kira Rp 7.500 dan juga sekaligus ongkir jika kalian tidak memasukkan voucher gratis ongkir atau voucher kalian sudah habis.

Kalian Harus Punya Uang

money

 

Ini bagian yang paling penting jika kalian ingin menggunakan fitur pembayaran COD. Pastikan kalian memang benar-benar punya uang untuk membayar barang yang dibeli. Karena ketika barang sudah dikirim oleh Seller (Penjual) dan apalagi sudah mau diantar kurir ke alamat penerima, kalian sudah tidak bisa cancel barang yang dipesan, kecuali penjual menyetujuinya. Tapi jika penjual tidak menyetujui barang yang sudah dikirim kemudian kalian cancel maka akan tetap dikirim ke alamat penerima. Jadi pastikan sebelum benar-benar mengerti metode pembayaran COD, kalian juga harus punya uang, terutama uang cash.  Karena saat kurir datang membawa barang, kalian juga harus membayar sesuai nominal barang dan juga ongkos kirimnya kepada kurir.

Baca juga : Cara menjawab panggilan telepon masuk secara otomatis di hp xiaomi

Jadi jangan main-main dalam berbelanja online, apalagi berdalih kalau cuma mau ngetes si penjual apakah amanah atau tidak. Giliran barang datang, tidak mau membayar. Pastinya penjual akan sangat kebingungan dan juga dirugikan. Apalagi jika nilai barang terbilang tidak sedikit, atau mungkin mencapai ratusan ribu.

Pembayaran kirim bayar ditempat memang dibuat untuk memudahkan pembeli dan penjual online melakukan transaksi, mengingat banyaknya penipuan. Maka diharapkan dengan metode COD ini, para penjual online shop yang memang benar-benar amanah tidak ikut buruk citranya karena dampak penjual lain yang menipu di dalam jual beli online.

Menikmati artikel ini? Tetap terinformasi dengan bergabung buletin kami!

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Populer
Jan 5, 2020, 4:29 PM - Harti Susanti Apriliani
Des 31, 2020, 6:13 AM - Mardiana
Jan 18, 2020, 12:29 PM - Nurul Khomsin Amaliyyah
Des 27, 2019, 4:00 AM - Istainu